Apa itu Lampu LED?

Kita sering sekali mendengar kata LED dalam dunia penerangan (Lampu), khususnya bagi teman-teman yang berkecimpung dalam bidang konstruksi/project. LED adalah kalimat yang sangat tidak asing di telinga, namun apa itu Lampu LED sering kali kita tidak memahami dengan baik. Disini kami coba jelaskan apa itu Lampu LED.

Lampu LED adalah teknologi terbaru lampu hemat energi. LED singkatan dari 'Light Emitting Diode', perangkat semikonduktor yang mampu mengubah listrik menjadi cahaya.
Lampu LED adalah lampu super hemat energi, dapat menghemat daya listrik sekitar 85% dari halogen atau lampu pijar - yang berarti hal ini dapat menjadi penghematan yang signifikan pada tagihan listrik yang anda gunakan. Lampu LED juga memiliki umur lebih lama daripada lampu jenis lain.

Teknologi lampu dan Perkiraan Masa Pakai:
  1. LED mampu bertahan 25,000-50,000 jam
  2. CFL mampu bertahan 8,000-15,000 jam
  3. Halogen mampu bertahan 1,000-5,000 jam
  4. Pijar mampu bertahan 1.000 jam
Berikut ini jenis-jenis lampu yang sering kita gunakan:

Lampu Pijar (Incandescent Lamp)
Pada lampu Pijar ini bola lampu terdiri dari dua batang logam yang sejajar dan dihubungkan pada sebuah flamen.

Sesuai peraturan pemerintah, per November 2009 lampu jenis ini tidak lagi menjadi lampu standar untuk digunakan. Lampu jenis ini sangat tidak efisien karena mereka hanya mampu mengkonversi 5-10% daya listrik yang mereka hasilkan menjadi cahaya, sedangkan sisanya telah diubah menjadi panas. Hasilnya adalah limbah listrik.

Halolux
Lampu Halogen akan terlihat mirip dengan bola pijar, tetapi menggunakan lapisan yang diisi dengan gas halogen bertekanan rendah. Halogen ini digunakan untuk membantu membakar filamen yang menghasilkan cahaya sebagai penerangan.
Lampu jenis ini sebelumnya menggantikan lampu pijar, misalnya di lampu liontin, chandelier dan lampu sorot. Lampu Hemat energi baru halogen - disebut eco-halogen - sekarang sudah tersedia dan sekitar 30% lebih efisien daripada bola lampu pijar.

CFL (Compact Fluorescent Lamp) - Envirolux
CFL tabung fluorescent disebut-sebut menjadi lampu yang sesuai untuk disebut sebagai lampu standar. CFL dapat menghmemat sekitar 80% daya listrik daripada lampu pijar tetapi memiliki beberapa keterbatasan, seperti ukuran peredupan (dimming) dan penampilan.

No comments:

Post a Comment